Jakarta - Mt.Slamet - Yogyakarta

Helloooo.. long time no post?!? Hahaha, First of all I want to say HAPPY NEW YEAR 2017!
Pada kesempatan ini (literally kesempatan, karena akhirnya blog ini diketikketik lagi yeayyy 👏🏻)
Saya mau bercerita sekaligus memberikan informasi mengenai liburan saya 2 minggu yang lalu, yang mungkin dapat berguna untuk kalian yang mau liburan ke Gunung Slamet, Purbalingga via Bambangan ataupun Yogyakarta.

Oh iya perjalanan saya kali ini ditemani 3 orang kawan saya, Jerry, Mas Galih, Wardana. Dan untuk informasi-informasi terkait akomodasi ada di paling bawah yaa.

Perjalanan saya dimulai pada hari selasa tanggal 20 Desember 2016
12:00 saya nebeng wardana untuk ke rumah mas galih (meeting point kami sekaligus repacking)
16:30 saya, Jerry, Mas Galih, Wardana diantar sama Papah dan adiknya mas galih ke terminal rawamangun
17:00 tiba di terminal rawamangun dan langsung melakukan pelunasan bus. Kami menggunakan bus "Malino Putra" jurusan rawamangun-bobotsari dengan harga Rp 116.000,-. And then kami dapat informasi kalau busnya itu adanya di terminal pulogebang, but don't you worry karena ternyata kami memang disiapkan bus (bus kecil terintegrasi transjakarta yg kecil22 itu loh) untuk mengantarkan kami ke terminal pulogebang (without any charge of payment).
20:00 bus akhirnya berangkat mengantarkan kami ke bobotsari. Oh ya bus ini juga memberikan makanan, jadi entah itu berada di rest area mana bus berhenti sebentar untuk memberikan kami makan prasmanan gitu. A lil bit review ya untuk bus Malino Putra, service yang diberikan lumayan lah ya, dapat makan, ada toilet, smooking room (sangat berguna untuk teman-teman saya 😂), dan bus jalannya nyaman, and lately saya baru tau kalau ada tempat untuk charging pas udah mau sampe 🙈.

di terminal rawamangun

Rabu 21 Desember 2016
04:00 akhirnya kami pun tiba di pertigaan serayu. Setibanya kami disana ada beberapa tukang ojek yang menawarkan jasa untuk ke basecamp dengan harga Rp 50.000,- tapi kami tolak karena kami mau cari yang lebih murah 😂Haha, dan setelah beberapa waktu menunggu angkutan yang tak kunjung ada kemudian lewatlah mobil sayur yang diberhentikan oleh mas galih, sebenarnya kami hampir bisa saja menumpang mobil sayar itu secara gratis, tapi ternyata disitu memang udah ada semacam unwritten rules kalo ya.. intinya.. kita emang harus naik angkutan yg bayar 😊. That's okay , akhirnya kami sewa jasa nya si gondrong (if ain't wrong namanya mas tono) kami berempat dikenakan biaya sebesar Rp 160.000,- (perjalanan dari pertigaan serayu ke basecamp kurang lebih 30menit)
08:00 setelah mengurus simaksi, sarapan, dll akhirnya kami mulai pendakian. Maaf saya lupa catat persisnya kami sampai di setiap pos itu jam berapa 😂🙏🏻✌🏻. But, "katanya", normalnya pendakian sampai pos 5 sekitar 8-9 jam. Setelah melalui kejadian-kejadian yang tidak bisa dilupakan (tapi saya terlalu mager untuk ceritain lengkap dan detail nya pendakian kami seperti apa, yak maaf haha) AKHIRNYAAA kami tiba di pos 4 SAMARANTU jam 6 sorean 😂😂 gilaaa mau nangis tuh, perjalanan terasa sangat lambat sekali, satu-satunya pendaki yang kondisi badannya masih well-fit cuma saya.. di pertengahan pos 4 ke pos 5 mas galih dan jerry terpaksa berhenti karena kondisi fisik sudah tidak memungkinkan (sakit), alhasil saya ditemani wardana dengan sedikit panik dan berlari meminta bantuan sama pendaki lain di pos 5. Thankyou bgt buat mas-masnya yang udah mau bantuin   🙏🏻.
19:30 kami sudah di dalam tenda, kami camp di pos 5.

mau mulai pendakian

POS 5!!!!!!!!!!!!!!

TURUN KE BASECAMP

Kamis 22 Desember 2016
10:15 kami selesai packing dan bergegas turun. Ohiya sebelumnya kami sudah tanya oendaki lain, normalnya turun itu "katanya" 3-5 jam. Well, kalo kami lebih dari 5 jam kami benar-benar lambat sekali yaa hahahah
15:00 ternyata kami masih dalam kategori normal, setibanya di basecamp pukul 3 sore, artinya kami turun dengan waktu 5 jam 👏🏻
16:00 setelah menukarkan sampah dengan ktp di basecamp dan sempet-sempetin makan (saya sih hahaha). Kami pun kebingungan caranya kami turun ke pertigaan serayu, Setelah bertanya-tanya mengenai angkutan yg ada di basecamp (rata-rata orang bawa motor sih pas saya tanya22)  mengenai kendaraan yang bisa mengantar kami dari basecamp. Akhirnya kami diantar oleh mas-mas SAR nya, setelah negosiasi kami memutuskan untuk diantar ke tugu knalpot dengan biaya Rp 200.000,-
17:00 kenapa kami minta diantar ke tugu knalpot? Karena kami sudah sewa travel (KANAYA TRAVEL) yang akan mengantar kami ke Yogyakarta. Perorangnya dikenakan harga Rp 80.000,- mobilnya avanza (saat itu yg diangkut berlima, jadi selain saya dan ketiga teman saya ada lagi satu penumpang lain).
22:00 tibalah kami di hotel (but si jerry lanjut ke daerah bandara untuk ambil mobil kantor). Kami menginap di (PERWITA SARI HOTEL) di jalan prawirotaman no.31. Oh iya kami mengambil kamar dengan dua king bed (pas untuk 4 orang), hotel dilemgkapi fasilitas air panas, tv, free wifi, free parking, swimming pool, and free breakfast. Saya memberikan review yang cukup bagus untuk hotel ini di tripadvisor karena menurut saya it's really worth to price! Saya mendapatkan kamar ini dengan harga Rp 670.000 untuk dua malam termasuk travel insurance. Jadi per orangnya hanya Rp 167.500,- menurut saya sih murah banget karena itu harga untuk dua malam dan dapat makan 😊👍🏻👍🏻. Ohiya saya dapat hotel tersebut booking melalui aplikasi traveloka.

Jumat 23 Desember 2016
02:00 jam segini kami baru sampai dihotel lagi setelah berkeliaran di dalam hangatnya kota Yogyakarta (karena abis nongkrong di kafe daerah hotel (waktu itu saya di "BEATLES PUB") dan abis dari angkringan).
09:00 setelah sarapan di hotel kami bergegas ke daerah Wonosari disana ada banyak pantai-pantai yang dapat dikunjungi. Di gerbang utama pengunjung dikenakan biata masuk sebesar Rp 10.000,- setelahnya Bayar-bayar masuk pantainya sih karena bayar parkir mobil Rp 5.000,- - Rp 10.000,-. Untuk makan siang, kami makan di warung di pantai Sundak. Makan nasi+ikan kerapu Rp 30.000,- dan esjeruk Rp5000,- sedangkan es kelapa harganya Rp 12.000,-
20:00 tiba lagi di kota Yogyakarta, kembali makan angkringan. Kemudian saya beli baju (karena keabisan baju 😂 Dan sengaja emang mau beli daster) setelah itu foto-foto di tugu 0. Kemudian kami kembali ke hotel.
23:30 sampai di hotel
di jalanan, tidak jauh dari gerbang masuk dan pantai sepanjang

pantai sundak

diatas bukit gatau apa namanya

beautiful sunset

diatas bukit engga tau namanya apa

mengingat kami lupa menulis ucapan hari ibu di gunung slamet kemarin, makanya kami foto seperti ini di tugu 0 hahaa (tulisan we love you mom)

Sabtu, 24 Desember 2016
03:00 kami hanya sebentar di hotel cuma numpang madi, abis itu kami pergi untuk mengejar sunrise di Kalibiru
04:00 sampai di Kalibiru, nunggu jam setengah 6-an (ada matahari pagi) (unfortunately, gerimissss 😭) tapi wahanan baru bisa dimainin sekitar jam 8 karena guide nya baru datangnya kam segitu, tapi kalau mau mengejar spot sunrise tetap diperbolehkan masuk dengan dikenakan biaya Rp 10.000,- per orangnya.
08:00 kembali di hotel, sarapan, tidur-tiduran, packing
11:45 check out dari hotel, mencari tempat cuci mobil, balikin mobil, dan makan siang sambil jalan-jalan disekitar stasiun Yogyakarta (kami pulang ke Jakarta dengan naik kereta keberangkatan jam 18:08. Christmas Eve kami rasakan di dalam keretaaa (dengan kursi L nya, selama 9-10 jam). Kami naik kereta GAJAHWONG ekonomi jurusan Yogyakarta-Pasar senen dengan harga Rp 225.000 (mengingat saat itu libur nasional).
sunrise di Kalibiru yang tertutup mendung

Kalibiru

25 Desember 2016
03:00 tiba di stasiun jatinegara (saya, mas galih, wardana) turun disini karena wardana menitiplan motornya di rumah mas galih. Dari stasiun jati negara saya, mas galih, dan wardana jalan kaki kerumahnya mas galih (iyaa sedeket itu wkwk). Sedangkan jerry turun di stasiun pasar senen.

Christmas Eve di Kereta

Sekian cerita perjalanan saya yang sangat seru ituuuu i' m stuck on 2016 😂😂😂 guys kita harus rencanakan liburan yang lebih pecah lagi yaaa👍🏻😊

trip to Mt. Slamet

Informasi:
- Bus Malino Putra: 0851 0077 7889 / 0851 0085 8058
- Kanaya Travel: 0857 9930 7773 / 0853 8531 1642
- untuk nomor telfon mas tono, saya belum mintakan ke teman saya
- untuk nomor telfon mas xxx ( yg orang rescue ), juga masih ada di teman saya

Popular posts from this blog